Cobain Fuji X-T 100 Di Malioboro Explore

Beberapa waktu lalu kami ikut Malioboro Explore yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB), Fuji Film Yogyakarta dan Gudang Digital.

malioboro explore


Fuji Film Yogyakarta


Teman-teman pasti sudah akrab dengan nama Fuji meski belum pernah memegang kameranya kan? Aku juga belum pernah, padahal eyang kakungku dulunya penggemar fotografi sampai punya kamar gelap segala. Kamera favoritnya Fuji. Sayang semua sudah tidak berbekas sekarang. Apalagi eyangku sudah tidak bisa beraktivitas fisik yang berlebihan. Kalau tahu bagaimana makin canggihnya kamera Fuji sekarang, eyangku pasti takjub banget. Fotografi bisa semudah ini.

Yang namanya Fuji X-T 100 ini mudah banget dipahami. Padahal aku baru pertama kali pegang. Kalau mamaku memang agak lama paham, bahkan aku harus beberapa kali membantunya mengerti apa yang diajarkan om Agoeng Tosol dari Fuji Film Yogyakarta. Tapi itu bukan salah kameranya. Mamaku aja yang suka bingung. Hihiii.

fuji film yogyakarta


Baca juga: Hang Out At Gudang Kopi Yogyakarta

Kantor Fuji Film Yogyakarta ada di Yap Center Jl. C Simanjuntak, Yogyakarta. Kompleks ini saling membelakangi dengan Rumah Sakit Mata Yap yang pintu masuknya di Jl. Cik Di Tiro. Mungkin satu pemilik ya makanya punya nama yang sama. Aku baru pertama kali masuk kompleks ini. Biasanya cuma di bagian depan untuk membeli peralatan outdoor. Kalau ke rumah sakit matanya sih rutin. Heheheee.

Kantor Fuji ini tidak hanya untuk menjual kamera. By the way, kamera Intax nya lucu-lucu loh warnanya. Kayak punya selebgram-selebgram remaja. Di sebelah kantor Fuji kita bisa belajar fotografi juga. Jadi nggak ada tuh beli kamera secanggih Fuji X-T 100 tapi disetting auto saja. Kan sayang.

Cobain Fuji X-T 100

fuji xt 100


Fuji X-T 100 ini kamera mirrorless, jadi fitur dan modenya sangat memudahkan dan modern. Kuncinya, teman-teman harus sering-sering mengeksplor fitur dan modenya tersebut. Jangan takut salah seperti mamaku. Kalau jelek tinggal dihapus saja dan jepret lagi, lalu jepret terus berkali-kali. Kalau bingung mengembalikan atau mengubah setting kamera, ada user's guide nya kok. Kalau masih bingung juga, datangin saja kantor Fuji nya buat minta diajarin.

Di acara itu, om Agoeng menjelaskan penggunaan Fuji X-T 100 dengan dibantu monitor TV besar sehingga jelas apa saja yang diubah. Di ruangan itu aku mencoba berbagai mode dan filter, antara lain filter fish eye dan partial color (red). Dua filter ini sempat populer di kalangan remaja.

Dengan berbagai mode dan filter, foto kita akan lebih bervariasi, tidak membosankan, untuk konten instagram dan blog.

cobain fuji xt 100


Cobain Fuji X-T 100 Di Malioboro Explore


Setelah mengerti cara menggunakan kamera Fuji X-T 100, kami diajak berburu foto di Malioboro. Di Malioboro, kami didampingi om Ardian dan om-om lainnya. Supaya gampang ditandain, omnya pakai kaos hitam semua. Omnya banyak dan baik-baik. Heheheee. Biar begitu, tapi aku enggak berani tanya. Mamaku aja yang bolak balik tanya. Hadeh.

Baca juga: The Benefits Of Fasting In Ramadan

Tema huntingnya adalah senyum Ramadan dan dilombakan. Aku enggak berani foto wajah orang dewasa yang tidak dikenal, takut orangnya marah. Tapi kalau anak-anak aku berani dan suka ekspresi mereka. Jadi aku foto anak-anak dan lainnya saja. Sayang, anak-anaknya tidak ada yang senyum, jadi aku tidak menang. Tapi tak apa, aku senang punya pengalaman seperti itu. Foto-fotoku sudah aku upload di instagram @chordfood.id ya, jadi tidak aku upload lagi disini. Follow aja!

Setelah selesai memotret, kita tidak perlu pusing mencari laptop untuk mentransfer foto lalu dipindah lagi ke ponsel jika mau diposting di instgram. Cukup download aplikasi Fuji Film Camera Remote di Play Store untuk ponsel android, maka foto-foto yang sudah kita hasilkan bisa langsung berpindah ke ponsel dengan bluetooth untuk diedit atau langsung diunggah di instagram. Oya, untuk editing juga tak harus di ponsel tapi bisa langsung di kameranya. Caranya, sewaktu memotret gunakan format raw.



Di acara ini aku peserta termuda. Peserta lain sudah mbak-mbak dan emak-emak. Besok lagi kalau ada acara seperti ini, kalian yang seumuran denganku, ikut saja. Asik lo, tambah pengalaman dan tambah kepandaian. Tidak usah bingung tidak ada teman ngobrolnya karena waktu kita akan habis terpakai buat explore kamera dan obyeknya. Tidak ada kesempatan buat bengong.

Acara yang bertepatan dengan Ramadan itu diakhiri dengan buka puasa bersama di Hotel Neo Malioboro yang menunya selalu berlimpah dan enak-enak.

Share:
spacer

2 comments:

  1. Asyik ya bisa langsung ditransfer ke android.. jadi ga ribet waktu pengen posting ke IG atau medsos lainnya.

    ReplyDelete

Comments are moderated. Thank you.